Mungkin ada yang heran atau bertanya – tanya setelah membaca judul diatas. Masa sih ada kota yang sebagian besar penduduknya itu adalah hacker? Yang bener aja loe mblo… ehh maksudnya bro 😀 . Ada dong, Yaitu Râmnicu Vâlcea… sebuah kota di Romania yang berpenduduk sekitar 92,573 jiwa, dan memiliki landscape yang elok sekali.

ramnicu-valcea1

Foto Râmnicu Vâlcea | Pict Source : valceaturistica.ro

Tuhhh… baguskan kota nya… Baiklah, disini penulis akan menjelaskan dan merangkumnya kenapa kota ini disebut “The Hackerville” dan bahkan lebih terkenal daripada Ibu kota nya sendiri. Okeh langsung saja… 😎

Menurut cerita awalnya yang penulis baca disitus website luar negeri, penduduk Râmnicu Vâlcea sering melakukan modus penipuan online yang memanipulasi pembayaran secara digital kepada perusahaan toko online seperti eBay, Amazon, Craighlist dan lain sebagainya. Anehnya, dikota ini sering dijumpai mobil mobil sport nan mahal seperti Ferrari, BMW, Audi. Padahal jarak Râmnicu Vâlcea ke kota kota Eropa lainnya sangatlah jauh. Ehhh? apa hubungannya? Ya iyalah… Perusahaan mobil mewah mana mau menempatkan toko dealer mereka dikota yang kecil dan jauh dari pusat Uni Eropa. Biasanya perusahaan mobil tersebut hanya melayani pembelian online untuk kota yang jauh dari Uni Eropa. Idihhh 😯 , keren bangetkan… kalau menurut penulis sendiri sih keren dong jadi hacker bisa naik mobil mewah 😎 .

ooo-kamu-ketangkep

Salah satu hacker yang tertangkap bersama mobil Audi miliknya, bukan milik mantannya ya 🙁 | Picture Source: evz.ro

Akan tetapi… jomblo tetaplah jomblo,, helehhh 😕 Sorry, maksudnya kejahatan tetaplah kejahatan dong guys :mrgreen: .  Rata rata hacker di Râmnicu Vâlcea tidak mematuhi kode etik seorang hacker itu sendiri, dan menggunakan kemampuan mereka untuk hal hal jahat. Yupss… layaknya didunia superhero yang memiliki kekuatan super, ada yang baik dan ada yang jahat.

Menurut beberapa situs yang telah penulis baca, pemicu berkembangnya hacker dikota ini berawal dari terjadinya revolusi di Rumania pada tahun 1989, yang memungkinkan orang – orang disana memiliki komputer dan mempelajari ilmu komputer hingga mendapatkan kekuatan super dari planet krypton. Loh kok, malah cerita superman 🙄 .  Tapi ya ga salah mereka juga sih punya komputer, mungkin karena masyarakatnya aja yang terlalu pintar, atau mungkin pemerintahnya terlalu lama mengesahkan UU ITE. Ya ya ya… bisa jadi bisa jadi. 😆

Lalu ditahun 2002, angka kejahatan dunia cyber semakin bertambah pesat dikota ini. Katanya sih gara gara emak ijah buka warnet (warung internet) 😕 , etdahhh mak… itu jauh – jauh nyampe ke Romania cuma usaha warnet doang. Di Indonesia tahun 2002-an mah mungkin baru wartel (warung telepon) aja kali ya 😀 . Tapi tadi penulis beneran serius loh, pemicu meningkatnya kejahatan dunia cyber di Râmnicu Vâlcea itu gara – gara warnet atau Internet Cafe. 

Karena banyaknya laporan penipuan dan berita cyber crime diseluruh media pada saat itu. Badan Intelijen Amerika yaitu FBI mengawasi Râmnicu Vâlcea sebagai target primer pada divisi cyber crime mereka, menganalisa jejak hingga menangkap hacker hacker dikota tersebut. Mungkin, karena UU ITE tidak berlaku di Romania dan lagi pemerintah Romania tidak pernah mempermasalahkan tentang cyber crime ini, karena bagi mereka hal tersebut tidaklah merugikan Pemerintah maupun Negara. Selanjutnya hacker hacker yang ditangkap tadi dibawa pergi dan diadili sesuai undang – undang pemerintah Amerika. Tetapi sampai sekarang tetap saja hal tersebut tidak merubah Image Râmnicu Vâlcea sebagai The Hackerville dan masih banyak hacker berkeliaran disana.

Gimana guys… mungkin diantara kalian yang tertarik dengan dunia hacking bisa belajar atau studi banding kesana. Kalau mau kesana ntar ajak ajak dong ya 😆 .

Sekian dari Josi Firdaus untuk Blog PLASA 99.