Setelah Marshmello, kali ini Google Android merilis sistem terbarunya dengan Code Name “Nougat”.  Tapi makanan apalagi itu? Nougat itu semacam permen yang terdiri dari gula atau madu, kacang dan irisan buah, bisa juga ditambah cokelat. Nah, kalau di Indonesia sendiri sering kita sebut Kacang Tumbuk, biasanya sering kita temukan di kota Padang – Sumatera Barat. Kalau penulis sih suka banget makanan satu ini 😀

Nougat dan Kacang Tumbuk

Nougat dan Kacang Tumbuk

Baiklah, jadi apa saja kelebihan Android Nougat ini? Apakah manis seperti makanan aslinya? hahaha 😀
Penulis akan rangkum di Blog PLASA 99 ini, Let’s Check This Out, yoooo B)

  • Tampilan Antarmuka yang lebih User-Friendly dan Keren B)
    Seperti Halnya Android Marshmello, Nougat memiliki tampilan yang lebih menarik, dinamis, dan mudah digunakan.
  • Performa Grafis
    Android Nougat menggunakan teknologi Vulkan 3D Graphics API. Teknologi ini menggunakan sumber daya CPU yang rendah tetapi memiliki kemampuan render yang lebih cepat dan detail tiap framenya.
  • Lebih Hemat Baterai
    Penulis sendiri sih kurang yakin soal ini, tetapi dari beberapa sumber yang penulis baca. Google telah mengembangkan Android Studio mereka dengan menambahkan JIT (Just-in-time) Compiler, yaitu penerjemah kode program dengan cepat dan ringan. Jadi nantinya, ukuran aplikasi yang terinstal pada Android Nougat menjadi lebih kecil. Lalu, apa hubungannya dengan baterai? Secara sistematis aplikasi yang kita jalankan pada Android menggunakan memori RAM. Jadi dengan JIT Compiler tadi, penggunaan RAM pada tiap aplikasi yang dijalankan dapat diminimalisir.
  • Sistem Keamanan
    Sekali lagi, Google memperbarui sistem keamanan Android mereka. Fitur Finger PrintMedia Framework, Network Security, dan OTA Update System. Tapi, sekali lagi penulis ga pernah yakin ada sistem keamanan yang benar – benar aman. Did you know, No One Security System is Safe. Semoga aja Google selalu memberikan yang terbaik buat User nya ya 🙂 .
  • Notifikasi dan Navigasi
    Direct Reply Notifications, jadi ketika ada pemberitahuan email atau pesan yang masuk, kita bisa langsung membalasnya, hampir sama seperti Pop-up Notification tapi kali ini lebih Simple lagi. Lalu, Multi-Window, fitur ini seperti halnya komputer, bisa mengerjakan 2 atau lebih kegiatan dalam satu layar. Multi-Windows dapat ditemukan ketika kita membuka jendela Recent Apps pada Android Nougat. Dan masih banyak fitur navigasi lainnya.
  • Daydream, Virtual Reality nya Android
    huffftttt… Memang Google ga ada habisnya, selalu membuat inovasi yang terbaru. Di Android Nougat terdapat fitur Virtual Reality. Jadi kita ga perlu beli Kacamata Virtual Reality. Cukup pake Cardboard VR dan HP Android Nougat aja. Untuk lebih lengkapnya, nanti penulis akan jelasin lebih jauh tentang Daydream ini diartikel selanjutnya.

Ya ampun… Memang Google ga ada capeknya ya membuat inovasi terbaru, selalu aja ada ide dan fitur menarik yang mereka ciptakan.

Tetapi terlepas dari itu, tahukah kalian bahwa Android Nougat hanya boleh diproduksi oleh perusahaan perusahaan Smartphone yang sudah mendapat izin atau lisensi dari pihak Google Android? Lantas, perusahaan dan model Smartphone apa saja yang boleh menggunakan Sistem Operasi ini? Dan, apakah model Smartphone anda masuk dalam antrian agar bisa di-upgrade ke Android Nougat?

Tadaaaaaaa…!! 😀 Tunggu aja berita terbaru dari Google Android, dan tetap Stay Read terus di Blog PLASA 99.

Josi Firdaus for blog.plasa99.com